bangun-minat-baca-sejak-dini-begini-caranya-1
Data

Bentuk Minat Baca Sejak Pra, Begini Caranya

Dissemination Date: Monday, 17 May 2021

Surabaya (beritajatim. com) – Selamat Hari Buku Nasional! Sejak tahun 2002, agenda 17 Mei telah ditetapkan sebagai peringatan Hari Wacana Nasional, sebuah momen buat mengingatkan kembali akan pentingnya budaya membaca guna meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, budaya membaca di kalangan masyarakat Nusantara masih sangat rendah. Anak-anak zaman sekarang juga bertambah suka memainkan gadget dipadankan membaca buku. Faktanya, kebiasaan membaca baiknya dibangun sejak usia dini. Hal tersebut dikarenakan usia golden age pada anak menjadi masa yang sangat efektif dalam menyimpan value dan kelaziman membaca hingga ia masa. Berikut  beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk membikin budaya membaca anak semenjak dini, antara lain:  

  • Membacakan dongeng

Bangun minat membaca dalam anak sejak dini secara membacakan cerita dongeng menjumpai tidur atau saat dalam waktu luang. Membiasakan bujang mendengarkan cerita dongeng sanggup meningkatkan minat membaca dan daya imajinasi anak. Orang tua dapat mencoba membacakan dongeng dengan membuat bahana yang berbeda-beda untuk di setiap karakter. Libatkan anak di kisah dongeng yang dibacakan untuk membuat anak bertambah tertarik. Lakukan aktivitas itu secara rutin agar anak-anak pun terbiasa dengan kehidupan ini.

  • Kenalkan buku edukasi secara visual yang menarik

Saat itu, banyak buku edukasi yang dilengkapi dengan visual menjadikan dan permainan kecil buat mendorong kognisi anak. Orang tua dapat memilih wacana edukasi tipe ini biar anak tertarik untuk membacanya. Selain meningkatkan minat membaca anak, bantuan visual pada sebuah buku edukasi mampu membantu anak menyerap keterangan mengenai pengetahuan ilmiah maupun sosial yang dengan lebih mudah dan cepat. Karakter tua pun dapat meminta anak untuk menceritakan kembali isi buku tersebut agar ia dapat berlatih untuk meningkatkan kepercayaan dirinya buat bercerita di depan anggota keluarga. Setelah anak berhasil menyelesaikan sebuah buku, wali dapat memberikan hadiah mungil agar anak semakin dinamis membaca buku lainnya.  

  • Menghasut anak memilih buku bacaannya 

Buat meningkatkan minat anak di membaca, orang tua mampu mengajak anak untuk memastikan buku bacaannya sendiri. Jalan ini dapat mengajarkan bujang untuk berani membuat kesimpulan sendiri dan memberikan dia kebebasan untuk memilih. Pada masa pandemi ini, orang tua dapat mengajak bani memilih buku secara online melalui website Gramedia atau Books& Beyond. Agar transaksi lebih mudah, gunakan tata cara pembayaran digital seperti ShopeePay yang juga tersedia pada website dan gerai ke-2 toko tersebut agar kehidupan belanja buku menjadi lebih praktis, aman, dan memuaskan.

Itulah beberapa tips seruan yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mendatangkan pentingnya budaya membaca pada anak. Mari bersama-sama kita tingkatkan minat membaca bani sejak usia dini.[ rea ]

Share this: