fakta-pulau-bawean-balinya-jawa-timur-1
Data

Data Pulau Bawean, Balinya Jawa Timur

Surabaya (beritajatim. com) – Pulau Bawean merupakan salah satu pulau yang letaknya berkecukupan di provinsi Jawa Timur. Pulau ini berada kira-kira 120 kilometer di memajukan Kabupaten Gresik. Pulau tersebut sempat dijuluki oleh mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, sebagai Balinya Jawa Timur atau Bali Van Java.

Pemandangan alamnya yang menakjubkan, membuat sapa saja yang pernah menginjakkan kaki di sana nyata terpesona dengan keindahannya. Namun, karena letaknya yang gamak jauh dan terpencil, membuatnya tak seramai wisata dalam Bali. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Pulau Bawean, berikut beberapa faktanya.

Pesona Alam

Pulau Bawean merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Besar yang memiliki pasir pantai berwarna putih. Selain itu lautnya yang terang biru nan tenang mewujudkan pulau ini sangat aman dan aman untuk para-para pengunjung yang ingin berenang. Pulau ini juga populer dengan terumbu karangnya yang indah, jadi sangat masuk untuk snorkling.

Di Pulau Bawean ada banyak tempat menarik dengan bisa dikunjungi wisatawan, serupa Pulau Noko Bawean, Pulau Noko Selayar, Pantai Kuburan Panjang, Pulau Gili, had Tanjung Gaang. Selain panorama pantai dan bawah lautnya yang menakjubkan, Pulau Bawean juga memiliki beberapa wisata alam lain, seperti gugusan suasana pedesaan, air masuk Laccar, dan Danau Kastoba.

Tanah Putri

Meski memiliki banyak destinasi alam yang indah, tetapi semua itu dirasa belum cukup untuk mensejahterakan seluruh masyarakat di Pulau Bawean. Tak ayal jika banyak warga asli Bawean yang merantau ke luar tanah, terlebih para kaum laki-lakinya. Maka dari itu, banyaknya kaum perempuan yang menghuni Pulau Bawean, membuat Bali Van Java ini juga kerap dikenal Pulau Putri.

Khas Pulau Bawean

Meski termasuk gugusan pulau mungil, pulau ini memiliki objek yang khas dan tak dimiliki daerah lain, lengah satunya ialah Rusa Bawean. Rusa di pulau itu memiliki tubuh yang cukup kecil jika dibandingkan dengan rusa di daerah lain. Tak ayal, jika Payau Bawean dianggap sebagai rusa yang sangat lincah & gesit dalam berlari.

Rusa ini serupa menjadi salah satu maskot di acara Asian Games 2018 lalu. Karena jumlahnya yang semakin sedikit & sangat langka di tempat bebas, Rusa Bawean kini hanya dapat dilihat pada penangkarannya yang terletak dalam Tanjung Gaang.

Tidak hanya hewan, di Pulau Bawean juga memiliki buah khas yakni buah merah. Meski namanya bahan merah, namun sangat berbeda dengan buah merah asli Papua. Buah merah Bawean berbentuk bulat berwarna merah. Perihal rasa, buah ini cukup manis dan nikmat.

Potensi Lain

Selain dikenal dengan kecantikan alamnya, pulau ini pula dikenal sebagai penghasil Kurang ajar onyx yang dipercaya bernas tinggi. Batu sejenis marmer ini mempunyai banyak macet dan motif, tak rambang jika banyak masyarakat di luar pulau yang menggunakan batu ini untuk berbagai kebutuhan seperti lantai serta hiasan. (fyi/tur)

Share this: