Dispendukcapil Ponorogo Kebut Perekaman KTP-el Bahan Pemilih Pemula
Data

Dispendukcapil Ponorogo Kebut Perekaman KTP-el Bahan Pemilih Pemula

Ponorogo (beritajatim. com) – Penundaan Pilkada dengan semula digelar pada tanggal 23 September menjadi 9 Desember, berimbas kepada jumlah pemilih pemula. Jawatan kependudukan dan pencatatan sipil (Dispendukcapil) Ponorogo mencatat, ada 2516 remaja yang akan berusia 17 tahun mulai 24 September sampai keadaan pemungutan suara pada 9 Desember nanti.

“Jadi mau ada sekitar dua ribuan pemilih pemula pada Pilkada 9 Desember mendatang, ” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Heru Purwanto, Senin (21/6/2020).

Dari jumlah itu, sebagian remaja ini belum melakukan perekaman KTP-el. Tercatat, hanya 800-an orang yang sudah melakukan perekaman. Untuk itu, Heru menyebut pemilih pemula ini akan menjadi preferensi bagi Dispendukcapil Ponorogo.

Foto/ilustrasi KTP

“Akan kami usahakan pemilih pemula ini sudah mengabulkan perekaman KTP -el. Supaya Desember nanti mereka bisa berpartisipasi di pesta demokrasi, ” katanya.

Dispendukcapil akan berkoordinasi secara Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim wilayah Ponorogo dalam merealisasikan kejadian itu. Selain itu juga bekerjasama dengan kecamatan-kecamatan, supaya siswa SMA sederajat yang akan berusia 17 tahun, bisa melakukan perekaman di kecamatan masing-masing.

“Apabila tahun ajaran baru sudah dimulai, kami meminta untuk melakukan perekaman di kecamatan calon pemilih pemula tersebut, ” pungkasnya. (end/ted)

Share this: