DRD Pamekasan Apresiasi Motivasi Para Pendidik Bangun Daerah
Data

DRD Pamekasan Apresiasi Motivasi Para Pendidik Bangun Daerah

Pamekasan (beritajatim. com) – Pemimpin Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo menapresiasi semangat para dosen Perguruan Tinggi (PT) pada wilayah setempat, yang memiliki semangat tinggi untuk bersama membangun wilayah.

Hal tersebut disampaikan menyusul banyaknya dosen maupun pengkaji yang berpartisipasi dalam Forum Penelitian; Riset untuk Rakyat yang digagas lembaga yang dipimpinnya. Di mana para dosen maupun peneliti daripada berbagai PT di Pamekasan, berperan aktif dengan mengirimkan artikel hasil penelitian.

“Forum penelitian ini nantinya akan menjadi forum tetap bagi pemerintah kabupaten Pamekasan, bersama para akademisi serta peneliti untuk mengeksplorasi ide atau gagasan dalam bentuk kajian ilmiah, ” kata Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo, Sabtu (14/11/2020).

Selain itu pihaknya menilai Forum Riset tersebut nantinya dapat menjadi sarana penting untuk para akademisi dan peneliti untuk berperan aktif dalam proses pendirian dan pengembangan di Pamekasan. “Kedepan forum ini akan menjadi instrumen penting untuk bersama membangun Pamekasan, ” ungkapnya.

“Terlebih forum riset ini merupakan inisiasi dari para pimpinan Perguruan Agung, khususnya pasca rembug atau konsolidasi virtual beberapa waktu lalu. Sehingga beragam saran, ide dan gagasan dalam forum riset ini sangat kami harapkan agar nantinya mampu bersama membangun Pamekasan tercinta, ” imbuhnya.

Tidak cuma itu, pihaknya menilai jika selama ini kegiatan penelitian ataupun buatan riset akademisi dan peneliti cuma selesai pada tataran jurnal, buku dan prosiding, bahkan juga tercatat di perpustakaan. “Jadi melalui perhimpunan ini, hasil riset nantinya mampu dimanfaatkan. Misalnya oleh pemerintah maupun pihak swasta yang membutuhkan inisiatif atau gagasan hasil riset, ” jelasnya.

“Maka dari itu, sudah selayaknya kegiatan penelitian di Pamekasan harus mendapatkan tempat khusus, serta menjadi salah satu acuan penting para-para pemangku kepentingan dalam melakukan berbagai  kegiatan melalui hasil riset, ” tegas pimpinan yang akrab disapa Pak Dadang.

Buat diketahui, melalui agenda Forum Penelitian yang digagas DRD Pamekasan. Terdapat sebanyak 52 artikel hasil studi dosen atau peneliti dari bermacam-macam Perguruan Tinggi di wilayah setempat, yang dipersiapkan untuk kegiatan Penelitian untuk Rakyat.

Makin dari jumlah tersebut, terdata cuma lima Perguruan Tinggi di daerah setempat yang tidak mengirimkan artikel hasil penelitian. Sedangkan sebanyak 10 Perguruan Tinggi lainnya, berpartisipasi di dalam ajang yang diagendakan digelar dalam waktu dekat. [pin/ted]

Share this: