Ekonomi Sidoarjo Tumbuh Berkat Dukungan Pabrik Migas
Data

Ekonomi Sidoarjo Tumbuh Berkat Dukungan Pabrik Migas

Sidoarjo (beritajatim. com) – Pertumbuhan ekonomi bisa dialami secara signifikan, biasanya didukung oleh sektor industri, khususnya industri minyak dan gas bumi (migas). Situasi yang sama terjadi di Sidoarjo.

Ungkapan itu disampaikan oleh Ekonom Universitas Airlangga Gigih Prihantono. Ia mengatakan, sejak 2011, pertumbuhan perekonomian di Sidoarjo menemui tingkat pertumbuhan yang cukup signifikan, bahkan di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Jatim maupun nasional.

Menurutnya, perekonomian di Sidoarjo unggul dari sektor migas, manufaktur, dan perdagangan UMKM. “Migas jadi satu diantara sektor unggulan berperan istimewa terhadap perkembangan perekonomian di Sidoarjo, ” katanya, Rabu (22/7/2020).

Karena itu, lanjut dia, keberadaan Minarak Brantas Gas, Inc. dapat berpengaruh positif terhadap jalan ekonomi Sidoarjo ke depannya.

“Dari segi perekonomian, kehadiran Minarak Brantas Gas membuat buah yang positif, karena sektor migas di Sidoarjo bisa tumbuh tertib seiring jalannya produksi migas itu, ” ungkapnya.

Tetap hati pun mendukung adanya pemberdayaan masyarakat di Sidoarjo agar dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat. “Masyarakat Sidoarjo menetapkan diberdayakan untuk meningkatkan perekonomian warga di Sidoarjo, ” paparnya.

Hal ini sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) Minarak Brantas Gas, Inc. yang ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat di Sidoarjo.

Karakter untuk memberikan kemanfaatan kepada klub di Sidoarjo dilakukan Minarak Brantas Gas melalui kegiatan sosial, serupa pembinaan ekonomi masyarakat Sidoarjo menggunakan budidaya lele di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin, pelatihan hidroponik dalam Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin.

Minarak Brantas Gas pula aktif memberikan bantuan alat kesehatan tubuh di tengah pandemi Covid-19, kaya memberi APD (alat pelindung diri) untuk para tenaga medis dalam Sidoarjo.

Berkat peran dalam kegiatan sosial tersebut, Minarak Brantas Gas mendapatkan penghargaan dibanding Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui kesibukan sosial yang berdampak langsung pada masyarakat melalui program CSR itu Januari lalu.

Kedudukan positif Minarak Brantas Gas ini membuktikan bahwa komitmen perusahaan ini sangat berdampak positif untuk bangsa.

Tengah itu saat ini Minarak Lapindo Jaya (MLJ) juga berkomitmen buat mengganti dana talangan terkait penanggulangan lumpur Sidoarjo.

MLJ berupaya menawarkan aset pada negeri guna mengembalikan dana talangan dengan nilainya kini mencapai Rp 1, 9 triliun. Tak hanya tersebut, MLJ juga terus menjaga koneksi dengan pemerintah guna mendapatkan buatan terbaik bagi kedua belah pihak

Upaya-upaya ini jadi potret komitmen perusahaan untuk lekas menyelesaikan persoalan dana talangan secara tetap berkomitmen pada upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di wilayah operasionalnya. [isa/but]

Share this: