hallway-series-derby-dua-klub-sekota-los-angeles-di-nba-1
Data

Hallway Series, Derby Dua Konsorsium Sekota Los Angeles di NBA

Surabaya (beritajatim. com) – NBA menjadi trendsetter liga bola basket tidak hanya di Amerika, melainkan dunia. Sebagai negara pencipta olahraga Bola Basket, Amerika boleh bergaya ketika liga basket mereka merupakan yang utama didunia. Sistem kompetisi yang sangat profesional menjadi ciri utama NBA menjadi asosiasi bola basket terbaik dalam dunia.

Pada balik profesionalisme dan gemerlap NBA, tentu akan selalu ada ‘bumbu’ rivalitas diantara klub-klub yang saling berkompetisi. Dari sekian banyak klub tersebut, tentu menarik membahas rivalitas Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers. Dua klub basket cakap asal Los Angeles, satu diantara kota tersohor di jati Paman Sam.

Beberapa julukan tersemat untuk rivalitas dengan dimiliki antara Lakers dan Clippers. Ada yang mengecap Hallway Series, selain itu juga Battle of L. A. Bermain di provinsi yang sama, Pacific Division kedua klub sekota ini telah bertemu sebanyak 161 game. Sejarah pertemuan mula-mula Lakers lawan Clippers sendiri terjadi pada 24 November 1984. Kala itu, Lakers berhasil unggul tipis 108 – 103 atas Clippers.

Berdasarkan sejarahnya, Los Angeles Clippers adalah klub pindahan dari San Diego pada 1984. Asosiasi ini mulanya bernama Buffalo Braves dan dibentuk semenjak 1970. Kepindahan Buffalo Braves ke Los Angeles mengasaskan sebuah kisah baru, memikirkan penggemar bola basket di Los Angeles memiliki sejarah sebagai pendukung fanatik Lakers.

Hal ini juga tampak pada jejak pertemuan kedua klub semenjak kepindahan Clippers. Hingga mengambil periode tahun 2013, Lakers lebih perkasa ketimbang Clippers. Jumlah fans yang pegari ketika dua klub bersemuka didominasi oleh para penggemar Lakers.

Di dalam musim 2012/13 pula, berlaku suatu hal menarik kala keduanya bertemu. Saat melayani pemanasan, fans Lakers dengan memadati arena pertandingan mem-boo seluruh pemain Clippers. Namun cemoohan fans Lakers itu menjadi boomerang karena diakhir laga, Clippers berhasil melestarikan jarak agrerat menjadi 3-0 yang membuat rekor tidak pernah menang selama 34 tahun akhirnya terhenti.

Sejak tahun 1999, kedua klub berbagi gendang di Staples Center, Longgar Angeles. Namun pihak Lakers lebih diuntungkan karena mempunyai ukuran locker room bertambah besar daripada Clippers. (adn/bj0)

Share this: