hilal-terlihat-di-tanjung-kodok-idul-adha-jatuh-pada-tanggal-20-juli-2021-1
Data

Hilal Terlihat di Tanjung Kodok, Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 20 Juli 2021

Lamongan (beritajatim. com) – Awak Badan Hisab Rukyat Kabupaten Lamongan berhasil melihat hilal sebagai penentu awal bulan Dzulhijjah dan Idul Adha 1442 Hijriyah. Bahkan Hilal dapat diamati saat detik-detik tenggelamnya matahari pada Sabtu, (10/7/2021) bertempat di Markaz Tanjung Kodok Lamongan.

Hilal tersebut terlihat oleh saksi KH Syuudul Azka (53), pengasuh PP Nurul Huda Sumberwudi Lamongan pada pukul 17. 30 Wib dan Ahsin Qomari, ASN Kemenag Lamongan yang juga salah satu dari Tim Teknis Rukyat di pukul 17. 37 Wib.

“Alhamdulilah kita berhasil melihat Hilal. Dan seperti yang sering saya sampaikan, bila siang hari hujan oleh sebab itu sore menjelang rukyat ufuk barat di Tanjung Kodok cerah. Bahkan tadi betul cerah, saat detik-detik tenggelamnya matahari dapat diamati, ” ungkap Khoirul Anam, Pemimpin Tim Teknis Badan Hisab dan Rukyatul Hilal Lamongan kepada beritajatim. com, Sabtu malam (10/8/2021).

Lebih lanjut, Hasil dari rukyatul hilal ini, Khoirul Anam memberikan, telah dimasukkan dalam berita acara oleh Hakim Drs H Moh Fadhli SH MA (62) dan Penulis Nazir S. Ag MS (52) yang kemudian dilaporkan ke Menteri Agama RI melalui Kemenag Provinsi Jawa Timur untuk dipakai jadi bahan pedoman sidang Isbath.

“Sidang dilakukan secara daring. Ya Konvensi Isbat Menteri Agama menetatapkan Idul Adha jatuh di dalam 20 Juli 2021, ketetapan itu mengacu pada keberhasilan rukyat di beberapa bercak wilayah Indonesia, salah satunya di Tanjung Kodok Lamongan, ” terang Khoirul Anam.

Sementara tersebut, karena sedang diberlakukan PPKM Darurat di Lamongan, maka pelaksanaan rukyatul hilal dengan dimulai pukul 17. 00 Wib di Markaz Semenanjung Kodok kali ini tidak seperti biasanya, peserta dengan mengikuti rukyatul hilal benar terbatas. “Kita sudah memiliki izin dari Gugus Suruhan Covid Kabupaten Lamongan, yakni 2 hari sebelum dilaksanakannya rukyat, ” sambungnya.

Perlu diketahui, pengamalan rukyatul hilal yang dilaksanakan pada Sabtu, 10 Juli 2021 ini memiliki kedudukan yang sangat penting kepada penentuan awal bulan dalam kalender Hijriyah bagi pengikut Islam, khususnya untuk mengesahkan bulan atau hari-hari besar Islam, seperti halnya penentuan bulan Dzulhijjah atau kamar haji tahun ini, tidak terkecuali hari raya Idul Adha yang diperingati di tanggal 10 Dzulhijjah. [riq/kun]

Share this: