hati-hati-perilaku-boros-berkedok-self-reward-1
Data

Ingat-ingat, Perilaku Boros Berkedok Self-Reward

Surabaya (beritajatim. com) – Menilai diri sendiri adalah perilaku penting. Terutama ketika ekosistem kerja atau lingkungan kita menuntut kerja tinggi. Tetapi, Self-reward atau kebiasaan menyerahkan apresiasi kepada diri tunggal juga memiliki sisi minus.

Terlalu sering memberikan Self-reward yang hendak membuat kita beperilaku konsumtif atau boros dengan tipu daya menyenangkan diri sendiri. Kesibukan self-reward misalnya berupa membeli baju baru, menghabiskan uang untuk makanan, atau berangkat berlibur.

Seringnya memberikan kritik kepada diri sendiri keputusannya membuat kita secara tidak sadar berlaku boros dengan berkedok self-reward. Nah untuk mengenali pola perilaku itu berikut ini ciri-ciri boros yang berkedok self-reward dengan wajib kamu hindari:

Beli Baju Setiap Bulan

Biasanya yang paling sering dilakukan wanita merupakan membeli baju baru jadi bentuk self-reward. Sebenarnya sah-sah saja, namun jika setiap bulan membeli baju mutakhir, ini bukan self-reward namanya, namun menghamburkan uang.

Beli Barang Tidak Berguna Saat Diskon

Jangan karna harganya yang melimpah Anda jadi tergiur membeli barang yang tidak berguna. Sebelum membeli lebih molek pertimbangkan untuk apa Anda membeli barang tersebut. Hanya ingin atau memang betul-betul butuh.

Traktir Orang Terdekat

Selain menyenangkan diri sendiri, self-reward selalu bisa berupa menyenangkan karakter lain deng cara mentraktir mereka. Mentraktir teman dapat saja, namun jika terlalu sering juga tidak bagus, mereka akhirnya berperilaku untuk selalu minta dibayari.

Beli Hajat Pribadi Padahal Stock Sedang Banyak

Kebanyakan wanita membeli keinginan makan, mandi, serta skincare biasanya saat awal kamar atau sehabis gajian. Tetapi jika stock kebutuhan dilemari Anda masih banyak, mengapa harus membeli yang hangat?

Gaya Hidup Hedon

Tak jarang kelompok millennial sekarang melepaskan letih dengan pergi ke mall, kedai makakan, coffe shop atau staycation setiap akhir pekan. Hal tersebut mereka lakukan dengan dalih melepaskan penat sehabis belajar. Padahal self-reward sebeneranya dapat dilakukan tanpa perlu mengeluarkan kekayaan. Hanya dengan tidur seharian atau menonton film kesayangan sudah dapat dikatakan jadi bentuk mengapresiasi diri tunggal.

Gonta-Ganti Ponsel dengan Keluaran Terbaru

Sikap boros berkedok self-reward lainnya adalah membeli ponsel segar padahal yang lama masih bagus dan dapat berlaku dengan baik. Biasanya itu berfikir bahwa tidak memili ponsel terbaru berarti ketinggalam zaman. Padahal hal itu termasuk sikap konsumtif dengan perlu dihindari. (rsf/tur)

Share this: