Data

Jelang Kongres IKA Unair, Kok Pilih Khofifah?

Surabaya (beritajatim. com) – Kongres X IKA Unair berlangsung dalam Sabtu (3/7/2021) besok. Para tokoh alumni mulai berkomentar tentang siapa sosok dengan dibutuhkan untuk memimpin lembaga tersebut. Mereka menyampaikan asas yang menjadi dasar menunjukkan siapa pemimpin IKA Unair periode 2021-2025.

IKA Unair memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berbobot. Lembaga ini kemaluan sosok yang bisa memutar peran dan kompetensi alumni. Bukan sosok yang cuma mengisi kekosongan jabatan. Sapa yang memimpin harus mampu mengoptimalkanperan dan potensi para-para alumni tersebut.

Ketua IKA UA Pascasarjana, Asman Abnur menilai semua calon mempunyai bobot sesuai bidangnya. Zona, IKA UA butuh wujud yang bisa menggerakkan para-para alumni untuk berkolaborasi di mewarnai pembangunan. “Di sini, Ning Khofifah memiliki pangkal itu, ” ujarnya.

Asman menambahkan penjelasan tersebut hanya menunjukkan apa yang dibutuhkan IKA UA. Dia tidak bermaksud mendiskreditkan kandidat lainnya. “Yang jelas, setiap kandidat memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, ” ujar mantan Menpan RB ini.

Tokoh asing yang turut menyampikan pendapatnya adalah Prof. Dr. Muchammad Zaidun, SH. Dia mengungkapkan karakter yang dibutuhkan untuk sosok pimpinan IKA UA adalah integritas dan kebersamaan. Dia yakin, semua kandidat memiliki kompetensi tersebut. “Tapi, untuk Khofifah ada pengkhususan, dia sudah terbukti, ” ucapnya.

Bekas Anggota Dewan Etik Hakim Konstitusi itu juga melihat Khofifah memiliki kemampuan buat mengonsolidasikan semua alumni UA. Karena itu, dia memperhitungkan sosok alumni FISIP UA itu paling siap membawa IKA UA menjadi bertambah baik.

Situasi yang sama juga disampaikan Ketua Dewan Penasihat IKA UA wilayah DKI Jakarta Drs. Ahmad Hidayat, AKt. CA, MBA. Menurut dia, Khofifah dianggap paling bisa membimbing alumni dan membangun Unair ke depan. Figur Khofifah dinilai paling pas. “Dia bisa merangkul semua pihak, itu yang dibutuhkan, ” tuturnya.

Hidayat juga mengatakan jaringan yang dimiliki Khofifah benar luar biasa. Dia tetap, resource yang ada di Jakarta akan siap menolong perempuan kelahiran Surabaya tersebut. “Kami pun siap melayani hal yang sama, ” ujar lelaki yang selalu anggota Komisioner OJK ini.

Persaingan menuju Konggres X IKA UA memang mulai menghangat. Pemimpin Umum IKA FK UA dr. Nizar, Sp. S (K) silaturahmi para alumni tetap terjaga dengan molek. Terkait siapa yang patut, dia menyatakan siapa biar layak. Tapi, belum tentu semua yang layak itu memiliki pengalaman dan kemampuan. “Dari beberapa calon yang ada, memang Khofifah dengan dinilai mampu dan memiliki kapasitas untuk memimpin IKA UA, ” katanya.

Menurut nya, Khofifah sudah teruji jadi pemimpin. Dia pernah berkecukupan di parlemen, menteri besar kali, memimpin ormas rani terbesar, dan kini menjadi Gubernur Jawa Timur. Kemahiran itu merupakan modal yang sangat kuat dan lulus. “Dia juga alumni dengan berprestasi, ” imbuhnya.

Dari banyak kesimpulan itu, semua sepakat kalau IKA UA harus langgeng solid. Lembaga ini adalah wadah para alumni dengan memiliki segudang prestasi. Semua juga berharap Kongres X IKA UA membawa urusan yang penting dan berguna untuk Unair ke ajaran. [tok/but]

Share this: