perjalanan-away-ac280c298antar-negaraac280c299-fc-baltika-kaliningrad-1
Data

Kunjungan Away ‘Antar Negara’ FC Baltika Kaliningrad

Surabaya (beritajatim. com) – Kaliningrad merupakan sebuah kota di Rusia dengan secara tata letak berkecukupan di luar negara itu. Kaliningrad merupakan ibukota dari Distrik Federal (negara bagian) Kaliningrad Oblast.

Terpisahnya wilayah Kaliningrad dengan Rusia terkait dengan sejarah selama perang dunia ke II. Setelah disepakatinya Konferensi Postdam, pihak Gabungan dan Uni Soviet menyetujui menyatakan bahwa Kaliningrad dengan dahulunya bernama Koenigsberg menjadi bagian dari Uni Soviet atau sekarang dikenal sebagai negara Rusia.

Berbicara olahraga, khususnya sepakbola, Kaliningrad menjadi satu diantara kota yang turut serta menjadi venue Beker Dunia 2018 di Rusia.

Kaliningrad Stadium merupakan stadion dengan dibangun khusus untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan yang berlaku di kota ini. Setelah Piala Dunia 2018 sudah, stadion ini menjadi basis klub sepakbola lokal FC Baltika Kaliningrad.

FC Baltika Kaliningrad tunggal merupakan klub sepakbola yang berdiri pada 1954. Saat ini FC Baltika bermain di Football National League (kasta kedua liga Rusia).

Di dalam sejarahnya, klub ini sudah bermain di Russian Premier League hingga pada 1998, mereka terdegradasi ke Football National League. Mereka serupa pernah menjuarai kasta ke-2 liga Rusia ini masa masih bernama First Division ditahun 1995.

Terdapat hal yang menarik selama keikutsertaan FC Baltika Kaliningrad di Liga Rusia. Mereka menjadi klub terjauh dan ‘terluar’ diantara klub-klub Rusia lainnya.

Melintasi negara lain ketika akan melakukan sabung away menjadi hal lumrah yang sudah terbiasa dilakoni klub berjuluk Balda itu.

Sebaliknya, selalu ada kisah menarik dari klub yang bertandang ke Kaliningrad Stadium. Dikabarkan hanya ada pesawat pribumi dengan rute tertentu menuju ke Kota Kaliningrad. Tatkala jika melakukan perjalanan per jalur darat, tentu asosiasi dari kota lain kudu melewati beberapa border perbatasan antar negara seperti, Estonia, Latvia, maupun Lithuania.

Bayangkan saja, untuk mencapai kota terdekat Rusia dari Kaliningrad, yakni Pskov masih berjarak 669 Km. Jika dilakukan menggunakan urat darat memakan waktu kira-kira 8 jam. Sungguh menarik bukan perjalanan terjal yang harus dilalui klub FC Baltika Kaliningrad ketika melayani laga tandang. [adn/bjo]

Share this: