Data

Lawan Covid-19, PAN Bagi Bingkisan untuk Nakes dan Petugas Pemakaman

Surabaya (beritajatim. com) – DPW PAN Jatim membagikan bingkisan minuman serta suplemen kesehatan kepada pra pejuang garda depan penanganan Covid-19. Sebanyak 1000 bingkisan dibagikan kepada tenaga pemulasaran jenazah, penggali makam, dan tenaga kesehatan yang berjibaku merawat korban Covid-19 pada Surabaya.

Dipimpin oleh Sekretaris DPW PAN Jawa Timur, Husnul Aqib, dan Ketua POK DPW PAN Jatim, Zainul Lutfi, rombongan PAN Jatim menemui tenaga pemulasaran jenazah dan penggali makam di TPU Keputih. Dilanjutkan memberikan bingkisan kepada tenaga kesehatan yg bertugas di RS Lapangan Tembak.

“Ini adalah bagian ibadah kami dalam energy memperingati Idul Adha, sebagai usaha melawan Covid-19 serta bentuk kepedulian kepada teman-teman yang telah bekerja keras dan ikhlas dalam melaksanakan tugas penanganan Covid-19, ” jelas Husnul Aqib.

Bingkisan minuman serta suplemen kesehatan diberikan kepada tenaga pemulasaran jenazah, penggali makam, dan tenaga kesehatan agar mereka selalu sehat dan kuat daya tahan tubuhnya selama menjalankan tugas.

“Kami bersimpati dengan apa yang menjadi tugas teman-teman semua. Saya harap apa yang kami berikan ini membawa manfaat. Kami juga berdoa semoga teman-teman semua selalu diberi kesehatan, kekuatan, dan diberi kesabaran dalam tugas yang penuh risiko ini, ” imbuh Husnul Aqib.

Dimas, salah satu petugas pemulasaran jenazah di TPU Keputih menjelaskan mereka pernah merawat 40 jenazah di dalam sehari. Aktivitas tinggi membuat mereka berisiko mengalami kelelahan dan jatuh sakit.

“Lelah pasti, risiko jatuh sakit juga ada. Maka kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian yang diberikan DPW PAN Jawa Timur ini, ” ucap Dimas.

Di Rumah Sakit Lapangan Tembak, rombongan PAN Jatim diterima oleh sejumlah nakes dan relawan. Kabag Umum RS Lapangan Tembak, I Nyoman Arya Oka, meminta dukungan agar upaya-upaya melawan pandemi Covid-19 bisa menarik keberhasilan.

“Terima kasih atas partisipasi teman-teman. Saya mohon terus dukungannya, juga bantuan masyarakat agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Salah satu yang paling penting dengan tetap menjaga prokes, ” kata Nyoman.

Selain ke TPU Keputih dan RS Lapangan Tembak, PAN Jatim juga membagikan bingkisan kepada relawan dan warga yang sedang melakukan isolasi mandiri pada RW III Keputih. Satu diantara kampung tangguh di Surabaya tersebut, selama ini meraih beban psikologis berat karena menjadi akses utama keluar masuk mobil ambulan pengangkut jenazah.

Bingkisan juga diberikan kepada relawan Surabaya Memanggil yang turut berjuang membantu penanganan Covid-19. Dan pedagang kaki lima yg menjadi pihak paling terdampak oleh kebijakan pembatasan sosial.

Ketua DPW PAN Jawa Timur, A Rizki Sadig, mengatakan, kegiatan di atas merupakan bagian ikhtiar PAN untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Sebagai Ketua PAN Jatim, saya mengajak keluarga tidak kecil PAN untuk satu kata satu hati menjadikan hidup ini bermanfaat dengan bersama-sama meringankan beban masyarakat yg terdampak pandemi Covid-19, ” kata Rizki.

Rizki menjelaskan, secara nasional Ketum PAN Zulkifli Hasan juga telah memberikan perintah terkait hal ini. Bahwa semua struktur PAN harus langsung bersentuhan dan membantu penduduk yang sangat terdampak dengan kondisi pandemi.

DPW PAN Jatim, kata Rizki, berinisiatif untuk menggerakan semua struktur partai sampai di tingkatan DPD (kabupaten/kota) untuk membantu masyarakat sesuai kebutuhan masing-masing daerah.

Ada daerah yang melakukan aksi simpatik kepada tenaga keamanan di pos PPKM dengan membagikan minuman kesehatan. Ada yang membagikan sembako ke masyarakat terdampak, ada juga yang menggelar vaksinasi untuk masyarakat.

“Bila hari terkait kami menyapa petugas pada pemakaman dan para nakes, karena kondisi mereka sangat memprihatinkan, dengan beban aksi sangat berat dan penuh risiko, ” ucap anggota Komisi I DPR RI yang terpilih dari Dapil Jatim VI tersebut. [tok/suf]

Share this: