Data

Mengatasi Masalah Pemasaran Pelaku IKM, Pemkot Kediri selenggarakan Workshop

Kediri (beritajatim. com) –   Pada era digital kaya saat ini masyarakat seolah dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang serba cepat. Tiba dari komunikasi hingga bayaran kebutuhan sehari-hari melalui metode online. Sistem yang berbasis online ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi kelompok.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Kediri menggelar Workshop dengan mengusung tema ‘Tips & Cara WhatsApp Marketing Agar Setiap Hari Closing’. Workshop dengan diselenggarakan di Alinea Coffee Studio pada hari Kamis (8/4/2021) ini dihardiri  oleh para pelaku IKM pada Kota Kediri.

Dari 60 pendaftar diseleksi hingga mengrucut hanya 25 pelaku IKM yang dapat mengikuti workshop. Hal ini dilakukan menetapi pandemi Covid-19 belum usai sehingga harus dibatasi total peserta workshop.

Perkembangan digital yang benar pesat ini, memberikan jalan yang berpotensi untuk memperingan kehidupan sehari-hari. Namun dikarenakan pandemi banyak dari karakter IKM ini mengalami banyak kendala terutama pada masalah pemasaran. Hal ini pada sampaikan oleh Tintawati, Plt Sekretaris Disperdagin Kota Kediri dalam sambutannya.

“Di masa-masa pandemi seperti ini, penuh teman-teman dari IKM ini mengalami kendala terutama di masalah pemasaran.   Jadi kami terus berupaya untuk berusaha bagaimana teman-teman IKM ini bisa terus melayani usahanya” ungkap Tinta, Kamis, (8/4).

Menurutnya, yang terpenting di era pandemi seperti ini adalah pemasaran melalui digital. Sebab itu, workshop kali itu memfasilitasi peserta agar keluaran yang mereka tawarkan diminati masyarakat. Antara lain, dengan memberikan teknik-teknik dalam branding, packaging, dan promosi yang dilakukan melalui media baik yaitu WhatsApp.

Diakhir sambutannya, ia mengingatkan supaya kesempatan mengikuti workshop kaya ini harus bisa digunakan sebaik mungkin bagi pelaku IKM. “Tolong teman-teman IKM memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Jangan asal memasukkan kegiatan saja karena kegiatan ini hanya diselenggarakan sehari saja. Jadi jangan malas untuk bertanya kepada rujukan bilamana mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha kalian” pungkasnya.

Pada workshop kali ini menghadirkan narasumber  Umar Tanoe September seorang Digital Marketing Specialist Professional Business Coach yang berasal daripada Kota Malang. Beliau juga seorang founder dari DIGILAB dan Juragan Klik.

Dalam workshop kala ini ia menjelaskan mengenai arahan-arahan untuk menarik konsumen sehingga dalam memasarkan buatan di aplikasi WhatsApp biar terjadi transaksi. Beliau pula menjelaskan fitur-fitur yang tersedia didalam aplikasi WhatsApp buat menunjang pemasaran via online. [nm/ted].

Share this: