mengenang-reverbnation-com-situs-musik-sebelum-spotify-1
Data

Mengenang Reverbnation. com, Situs Musik Sebelum Spotify

Surabaya (beritajatim. com) – Bagi anda pendengar musik, tentunya tidak asing dengan platform bernama Spotify. Platform dengan logo berupa hijau bergaris hitam ini sekarang menjadi sumber sari berbagai seniman musik buat mempromosikan berbagai lagu serta karya musiknya.

Kemajuan teknologi digital di era 4. 0 ini semakin memudahkan pada setiap orang untuk menikmati musik terlebih ketika seluruh kegiatan konser musik harus macet sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia.

Paltform yang bisa diunduh melalui Google Playstore di Android & App Store bagi pemakai iPhone ini sangat tepat dan praktis dari jurusan penggunaannya. Memudahkan setiap karakter menemukan lagu-lagu yang diinginkan.

Bervariasi jenis aliran/genre tersedia dalam Spotify. Anda tinggal menggubris dan menekan gambar love untuk menyimpan lagu itu secara virtual.

Tetapi kemudahan yang diberikan oleh Spotify ternyata masih mengalami beberapa kendala. Salah satu yang utama kerap dialami adalah keterbatasan memori penyimpanan terhadap lagu yang disimpan. Spotify mengharuskan penggunanya untuk mengupgrade platform ini menjelma premium apps. ketika ingin mendownload lagu yang tersedia.

Disisi lain, Spotify juga harus tersambung dengan koneksi jaringan internet. Sehingga ketika off atau tidak tersambung dengan jaringan, maka secara otomatis lagu yang tersimpan tak akan berputar.

Ketika berbicara mengenai maklumat musik jauh sebelum Spotify hadir, terlebih dahulu tersedia beberapa website yang meluluskan fasilitas bagi para penikmat musik untuk bisa menggubris hingga mengunduh lagu yang diinginkan secara gratis. Reverbnation, MySpace, dan Bandcamp ialah beberapa website musik independen yang hadir sebelum adanya Spotify.

Saat ini yang akan sedikit dibahas adalah Reverbnation. Reverbnation. com merupakan sebuah web dengan berfokus pada industri irama independen (indie). Diluncurkan di dalam tahun 2006, situs web ini memberikan ruang bagi segenap musisi independen, produser musik maupun pengelola tempat pertunjukan musik untuk saling terhubung satu sama asing.

Reverbnation. com memiliki keunggulan yakni mampu menyediakan daftar musisi mulai perseorangan dan grup band dari berbagai negara. Pada kolom search, pengunjung website dapat mengaduk-aduk negara, wilayah serta wilayah yang ingin dilihat jadwal musisinya.

Termasuk kategori genre dengan diminati. Mulai dari pop, RnB, hip-hop, metal, dan lain sebagiannya. Menariknya lagi, selain bisa mendengarkan pembawaan yang dipilih secara percuma di situs web Reverbnation, anda juga bisa mendownload lagu tersebut hingga tersimpan di handphone anda tanpa perlu khawatir harus terhubung dengan jaringan internet.

Meski saat ini sudah ditinggalkan, namun Reverbnation. com akan menjadi catatan sejarah bagi para musisi independen atas ruang berkarya yang diberikan. Ditengah susahnya para musisi indie makan industri musik populer, Reverbnation menjadi ruang promosi semesta karyanya. [adn/bjo]

Share this: