pertarungan-dua-klub-terbaik-preview-liverpool-vs-manchester-city-1
Data

Perlombaan Dua Klub Terbaik, Preview Liverpool vs Manchester City

Surabaya (beritajatim. com) – Setelah sempat terseok-seok menjalani musim 2020-2021 tahun lalu, kini Liverpool memulai liga dengan cukup meyakinkan. Dari enam laga yang telah di jalani, mereka belum pernah kalah. Dua kali ragu-ragu masing-masing lawanChelsea dan Brentford minggu lalu, 4 sabung lainnya berhasil di menyapu bersih dengan kemenangan.

Performa baik mereka pun merembet ke laga-laga di kompetisi lain. Menurunkan tim muda di Beker Liga melawan Norwich City, mereka mampu menang menetapkan dengan skor 0-3. Begitu juga di Liga Champions, The Reds berhasil meraih dua kemenangan di dua laga mereka melawan Milan dan terakhir membantai Porto 5-1 Rabu (29/9) dini hari lalu.

Tajamnya lini pendahuluan memang menjadi nilai terbesar dari performa Liverpool pokok musim ini. Kombinasi Mane, Salah, Jota, kadang serupa dengan Firminho benar-benar menyampaikan terror bagi lawan-lawan mereka. Namun, akhir pekan itu mereka akan dihadang oleh lawan yang tidak barangkali; Manchester City.

Meski baru saja menjalani kekalahan atas PSG dalam Liga Champions, tim ajaran Pep Guardiola ini masihlah satu dari klub ulung di Liga Inggris. Secara sistem permainan Pep yang identik dengan penguasaan bola serta pergerakan yang fluid antar pemainnya, City juga menjadi tim yang mengerikan ketika menyerang.

Di setiap pertandingan mereka hampir selalu mendominasi perlombaan. Kombinasi De Bruyne, Bernardo Silva, dan Gundogan pada lini tengah menjadi kekuatan utama mereka. Tiga gelandang ini bermain dengan betul fluid. Mereka bisa turun sampai lini pertahanan buat menjemput bola dan menyusun penyerangan, sekaligus dalam kira-kira waktu kemudian muncul dalam depan kotak pinalti lawan untuk mencipatakan peluang me gol.

Walaupun tak memiliki pemain secara tipikal striker murni, lini serang City tetap menegangkan. Jack Grealis, dan Mahrez yang piawai menggiring bola dan melewati lawan pasti akan memberikan kesulitan untuk pertahanan Liverpool. Apalagi, Liverpool harus kehilangan Trent Alexander-Arnold yang sedang dibekap cedera.

Pertandingan antara dua kandidat terkuat pendekar Liga Inggris ini benar menjanjikan permainan yang menyerobot. Liverpool dengan pressing teliti dan permainan direct segera, sedangkan City dengan penyerobotan bola dan pergerakan pemeran yang cair.

Meski begitu, kans Liverpool untuk menang bisa dibilang lebih tinggi. Sebab, selain mereka bermain di Anfield, lini serang mereka cukup on fire. Salah dan Mane minggu demi minggu terus mencatatkan nama pada papan skor. Dan siapapun yang dimainkan di tengah baik Jota maupun Firminho, keduanya juga sedang pada performa terbaik.

Hal ini diperkuat secara lini pertahanan yagn kokoh di bawah komando Van Dijk dan Alisson dalam bawah mistar. Apalagi, lantaran beberapa pertandingan terlihat City memiliki kelemahan ketika harus menghadapi serangan balik segera. Sesuatu yang menjadi ciri khas dari Liverpool. Menyerbu dengan bola-bola diagonal sebab sisi ke sisi dan mengandalkan kecepatan Mane serta Salah. [tur/bjo]

Share this: