tsv-1860-munchen-klub-sekota-bayern-yang-turut-membentuk-bundesliga-1
Data

TSV 1860 Munchen, Klub Sekota Bayern yang Turut Membentuk Bundesliga

Surabaya (beritajatim. com) – Mungkin ketika mendengar sepakbola di Kota Munchen, kejadian pertama tentu akan terlintas klub Bayern Munchen. Persatuan tersukses di ranah sepakbola tanah Bavaria ini tidak perlu diragukan lagi prestasinya. Raihan 31 gelar Asosiasi Jerman (termasuk 18 antaralain adalah Bundesliga) serta 20 kali menjuarai DFB Pokal (Piala Jerman) menjadi data nyata kesuksesan klub tersebut.

Namun pada tengah dominasi yang dimiliki Bayern Munchen, terdapat klub sekotanya yang masih kurang sekali dikenal orang. Persatuan itu adalah TSV 1860 Munchen. Sama-sama berbasis pada Kota Munchen, klub tersebut sendiri awalnya merupakan suatu klub olahraga yang menaungi cabang olahraga fitnes dan gimnastik. Barulah pada tanggal 6 Maret 1899, departemen yang menaungi olahraga sepakbola resmi berdiri.

Jika Bayern memiliki warna kebesaran Abang, TSV malah sebaliknya. Warna kebesaran klub berjuluk Die Lowen ini adalah Biru-Hitam. Ketenaran TSV memang tak seperti Bayern. Dikarenakan konsorsium ini banyak menghabiskan pertandingan pada kompetisi kasta ke-2 dan ketiga liga Jerman. Saat ini saja itu bermain di 3. Bundesliga yang merupakan kompetisi kasta ketiga di Jerman.

Tetapi dalam sejarahnya, TSV 1860 Munchen merupakan salah satu klub yang ikut mendirikan Bundesliga ditahun 1963 silam. Selama 20 musim Die Lowen berlaku di Bundesliga, barulah dalam musim 2004/05 mereka terdegradasi ke 2. Bundesliga. Tahu juga terdegradasi ke Regionalliga pada musim 2017/18, TSV kembali promosi ke 3. Bundesliga setahun berikutnya.

Untuk urusan homebase, TSV sejatinya berkandang di Stadion Grundwalder. Stadion berkapasitas 15. 000 tempat duduk di wilayah Untergiesing, Munchen. Namun mulai tahun 2005 hingga 2017, mereka tukar ke kendang Bayern, Allianz Arena setelah melakukan kerjasama dengan pihak Bayern buat dapat menggunakan stadion tersebut.

Yang memikat, jika di kota lain terdapat dua klub di satu kota tentu mau terjadi rivalitas panas. Semacam derby Merseyside, Manchester atau Madrid. Tidak sebaliknya secara TSV dan Bayern. Karena kedua klub tidak berharta dikasta yang sama, sehingga hampir jarang sekali terjadi pertemuan antar keduanya. Adapun TSV harus puas menghadapi klub reserve dari Bayern yakni Bayern Munchen II pada tahun 2020 cerai-berai diajang 3. Bundesliga dan berkesudahan 2-0 untuk kemenangan Bayern Munchen II. [adn/bj0]

Share this: